Tips Memilih Konsep Pernikahan yang Tanpa Ribet

konsep-pernikahan-tanpa-ribet

Untuk calon pengantin, konsep pernikahan yang akan diusung biasanya akan menjadi perdebatan panjang. Mempelai wanita ingin menggunakan konsep A, namun ternyata konsep tersebut tidak disukai oleh mempelai pria. Yang terjadi adalah perang dunia kembali pecah. Konsep pernikahan sendiri bisa menggunakan konsep indoor atau outdoor. Namun memilih konsep ini memang tidak mudah. Jadi ada baiknya jika calon pengantin sama-sama memilih konsep pernikahan sesuai kesepakatan. Ini dimaksudkan supaya nantinya tidak ada kekecewaan dari masing-masing mempelai.

Bagi Anda yang ingin memilih konsep pernikahan, berikut ini ada beberapa hal yang bisa dipastikan dengan baik terlebih dahulu.

  1. Memilih Tema Minimalis atau Rustic

Banyak calon pengantin yang masih berpikiran bahwa menikah harus menggunakan konsep dekorasi pernikahan mewah. Konsep dekorasi pernikahan memang memberikan kesan yang wah, namun dari segi anggaran yang dikeluarkan tentu akan besar. Untuk konsep dekorasi pernikahan ini sebenarnya bisa memilih tema minimalis atau rustic. Perlu diketahui dengan baik bahwa tema sederhana adalah pilihan tepat. Selain itu tetap bisa menampilkan kesan yang wah. Biasanya tema pernikahan minimalis ini tidak membutuhkan desain pelaminan glamor dan penuh properti. Sedangkan untuk tema rustic ini biasanya menghadirkan ornamen alami di dalam desain dekorasi. Yang mana bisa menghadirkan warna alam seperti cokelat, hijau, putih dan abu-abu. Terlihat sederhana, namun konsep pernikahan ini bisa terlihat mewah.

  1. Membatasi Warna

Hal yang paling penting ketika memilih konsep tema pernikahan adalah membatasi pilihan warna. Pemilihan warna yang terlalu banyak hanya akan memberikan kesan ramai. Hal ini tidak hanya membuat tampilan terkesan ramai, tapi juga akan berpengaruh pada pemotretan nantinya. Ketika Anda menikah di rumah atau gedung dengan banyak warna pada dekorasi, tentunya tidak akan pas ketika dilihat. Oleh sebab itulah, akan lebih baik jika fokus pada maksimal tiga warna saja. Untuk itulah, pastikan untuk memilih warna lembut atau warna alam untuk membuat acara pernikahan menjadi lebih elegan dan clean. Misalnya abu-abu, nude, dan putih. Jangan menggunakan warna-warna yang terlalu mencolok seperti merah darah atau warna lainnya.

  1. Memakai Halaman Rumah atau Ruang Tamu untuk Lokasi Pernikahan

Apabila Anda ingin menikah di rumah, maka bisa memanfaatkan halaman rumah sebagai lokasi pernikahan. Namun harus memastikan terlebih dahulu ukuran pelaminan bisa cocok dengan luas halaman. Apabila pelaminan hanya untuk pengantin saja, tentu tidak masalah. Lain hal jika pelaminan harus muat pengantin dengan masing-masing orang tua. Selain itu juga harus memastikan dengan baik jalan lain untuk keluar masuk panitia pernikahan. Juga Anda bisa memanfaatkan ruang tamu untuk dijadikan pelaminan jika memang luas. Dengan begitu nantinya Anda bisa mendapatkan kesan pesta pernikahan semi indoor dan semi outdoor.

  1. Pilih Dekorasi Pelaminan yang Simpel

Jika Anda menginginkan pernikahan yang tanpa ribet, maka bisa memilih dekorasi pelaminan simpel. Anda bisa mengambil dekorasi dari papan gaya rustic dengan bunga dan daun berbentuk lebar. Kemudian pampas grass atau daun palem kering untuk ornamen hiasan. Menginginkan pernikahan dengan nuansa sedikit industrial? Maka bisa menggunakan dekorasi backdrop dari kawat jaring besi dengan hiasan bunga. Memakai aksen geometri pada backdrop pelaminan pun akan memberikan kesan luas dan lega. Misalnya menghadirkan circle backdrop atau backdrop bentuk persegi panjang, heksagonal, atau segitiga. Tidak hanya membuat pelaminan menjadi kekinian. Tetapi juga akan membuat area pelaminan terasa lebih luas dan tidak ribet pastinya.

  1. Membatasi Jumlah Tamu Undangan

Menggunakan konsep pernikahan sederhana di rumah pastinya mempunyai konsekuensi tidak bisa mengundang terlalu banyak tamu. Oleh sebab itulah, Anda bersama pasangan harus bisa membuat pertimbangan mengenai jumlah tamu yang hadir di pesta pernikahan. Membatasi jumlah tamu undangan tidak hanya bisa membuat efektif, namun juga bisa menghemat anggaran pernikahan. Namun tamu undangan ini sebenarnya bisa dibagi menjadi dua. Di hari sebelum akad dan hari akad. Misalnya Anda memilih hari akad untuk keluarga besar dan beberapa teman saja. Hal ini tentunya bisa membuat banyak kenalan bisa hadir di pernikahan Anda.

  1. Memaksimalkan Menu Makanan & Fotografer

Acara pernikahan sederhana di rumah memang cukup menekan anggaran. Oleh sebab itulah, pastikan untuk memaksimalkan menu hidangan makanan untuk tamu undangan dengan memberikan menu lezat dan memuaskan. Jadi Anda dapat memberikan kesan baik di mata para tamu undangan yang sudah hadir. Tidak hanya dari segi makanan saja, namun juga bisa memilih fotografer berkualitas untuk mengabadikan momen pernikahan ini. Menggunakan jasa fotografer yang sudah berpengalaman dan terpercaya bisa membuat momen spesial pernikahan tersimpan dengan baik tentunya.

  1. Memperhatikan Parkir Tamu

Apabila memilih menyelenggarakan pesta pernikahan di rumah, maka harus siap dengan beberapa konsekuensi yang dihadapkan nantinya. Salah satunya adalah memikirkan mengenai parkir untuk tamu undangan. Jika memungkinkan menyediakan lahan parkir tidak jauh dari lokasi, tentu akan sangat membantu dan tidak merepotkan para tamu undangan. Akan tetapi jika memang terpaksa meminjam jalan sebagai tempat parkir. Maka ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan. Seperti meminta izin kepada RT dan tetangga sekitar lingkungan. Selain itu Anda harus memastikan dengan baik bahwa pengguna jalan memiliki jalan alternatif ketika jalanan utama ditutup dan beralih fungsi untuk sementara waktu.

  1. Meminta Izin RT dan Tetangga

Izin kepada RT atau tetangga bukan hanya soal penggunaan parkir saja. Namun juga sebagai pemberitahuan supaya nantinya warga sekitar tidak terganggu dengan keramaian pesta pernikahan. Selain itu meminta izin juga berarti memohon doa restu kepada tetangga sekitar. Untuk menambah kesan intim dan ramai pesta pernikahan Anda, maka bisa meminta tolong kepada tetangga supaya ikut berpartisipasi. Misalnya sebagai penerima tamu atau yang membuat masakan di dapur. Tentunya para tetangga akan merasa terhormat dengan permohonan tersebut.

  1. Menyusun Anggaran Pesta Pernikahan

Dari beberapa hal diatas, yang paling penting adalah membuat susunan anggaran pesta pernikahan. Harus diketahui dengan baik bahwa anggaran pesta pernikahan ini tidak sedikit. Jadi harus dari awal membuat anggaran untuk pesta pernikahan ini supaya nantinya lebih leluasa ketika menggunakan anggaran tersebut. Juga jangan lupa untuk membuat anggaran darurat untuk hal-hal tidak terduga. Sebab dalam pesta pernikahan pasti ada saja anggaran yang tiba-tiba harus dikeluarkan meskipun sudah ada anggaran yang disediakan.

Nah itulah beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dengan baik terlebih dahulu ketika ingin menyelenggarakan pesta pernikahan tanpa ribet. Selain beberapa hal diatas, masih ada hal penting yang harus dipertimbangkan. Yakni vendor dekorasi pernikahan mana yang akan diajak kerja sama. Jika Anda belum memiliki referensi, ada baiknya jika meminta bantuan kepada teman atau kerabat yang sudah pernah menyelenggarakan pernikahan. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan cukup banyak referensi. Jika ternyata sesuai, maka Anda bisa menghubungi pihak vendor untuk membuat janji temu dan membahas dekorasi pernikahan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *