Persiapkan Hal Ini Supaya Acara Pernikahan Berkesan

PAKET PERNIKAHAN TERMURAH, TERLENGKAP DAN BERPENGALAMAN

Menikah menjadi salah satu impian dan momen besar dalam sebuah kehidupan setiap orang. Bisa dipastikan bahwa setiap orang akan berusaha semaksimal mungkin supaya pernikahan berjalan lancar dan berkesan. Dengan begitu, tamu undangan yang hadir bisa merasakan kebahagiaan dan mendapatkan jamuan terbaik. Pasangan pengantin satu dengan yang lainnya pasti mempunyai waktu berbeda untuk mempersiapkan pernikahan. Ada yang mempersiapkan pernikahan dari jauh-jauh hari. Namun ada juga persiapan mendadak karena beberapa hal yang tidak bisa dielakkan lagi. Baik dengan rencana lama atau sebentar, asalkan sudah dipersiapkan dengan baik sedari awal. Maka acara pernikahan juga akan terlaksana dengan baik dan lancar pada akhirnya.

11 Persiapan Acara Pernikahan yang Harus Dipastikan

Bagi Anda dan pasangan yang ingin menikah dengan lancar. Berikut ini ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dengan baik terlebih dahulu.

  1. Menentukan Budget

Sedari awal ingin menikah, Anda dan pasangan harus bisa menentukan anggaran dengan tepat. Dengan membuat anggaran ini, maka bisa menyesuaikan serta menyeimbangkan banyak hal untuk persiapan pernikahan. Mulai dari sewa tenda pernikahan, catering, gaun pernikahan, tata rias, fotografer dan masih banyak lainnya. Jangan lupa menyiapkan anggaran tidak terduga untuk hal-hal mendesak. Pernikahan ini tidak hanya satu pihak saja, namun dua belah pihak. Jadi pastikan untuk membuat persenan berapa besar yang harus dikeluarkan oleh dua belah pihak.

  1. Memilih Tema Pernikahan

Anda juga harus mempersiapkan tema pernikahan. Untuk tema pernikahan yang akan diambil ini bisa berdiskusi dengan pasangan terlebih dahulu. Apakah ingin menggunakan tema adat mempelai atau bergaya modern. Pemilihan tema pernikahan ini akan berpengaruh pada kekhidmatan ketika acara sedang berlangsung. Selain itu nantinya juga membuat tamu undangan bisa menyesuaikan pakaian dengan konsep pernikahan yang diusung.

  1. Undangan

Menyebarkan undangan menjelang acara pernikahan memang sangat penting. Dengan menyebarkan undangan ini akan membuat banyak orang tahu bahwa Anda akan menikah dan menggelar hajatan. Undangan yang disebarkan ini pun harus sudah mencakup nama kedua mempelai, siapa penerima, dimana lokasi, tanggal pernikahan dan lainnya. Jadi nantinya penerima undangan tidak akan kebingungan siapa yang menikah dan dimana lokasinya.

  1. Pemilihan Catering

Kemudian dari segi catering yang akan diajak kerja sama pun juga harus dipertimbangkan dengan baik terlebih dahulu. Di zaman ini terdapat banyak layanan catering pernikahan yang bisa diajak kerja sama. Pastikan dengan baik bahwa catering yang diajak kerja sama sudah berpengalaman dan bisa memenuhi permintaan Anda nantinya. Dari segi harga jasa pun juga harus dipastikan dengan baik. Jangan sampai nantinya anggaran pernikahan tiba-tiba membludak di akhir karena salah memilih catering.

  1. Baju Pernikahan

Salah satu hal penting lain dari pesta pernikahan adalah gaunnya. Untuk gaun pernikahan sendiri ada banyak jenisnya. Jika Anda kurang mampu untuk membeli gaun pernikahan, maka bisa menyewanya. Saat ini pun sudah banyak layanan sewa baju pengantin untuk laki-laki dan perempuan. Dibandingkan harus membeli baju pernikahan yang harganya mahal, ada baiknya jika memilih menyewa. Biasanya harga sewa lebih rendah dibandingkan dengan harga baju ketika membeli. Pastikan juga bahwa baju pernikahan yang dipilih ini sesuai dengan tema pernikahan. Dengan begitu nantinya akan tampak serasi dan membuat lebih menarik.

  1. Memasang Dekor Sesuai Tema Pernikahan

Jika tema pernikahan sudah ditentukan sedari awal, maka tidak akan merasa pusing ketika ingin memasang dekor karena hanya perlu menyesuaikan. Dekor yang baik adalah sesuai tema, jangan sampai perabotan saling mencolok satu sama lainnya. Misalnya Anda memilih konsep pernikahan tradisional Jawa, maka temanya adalah putih dengan campuran cokelat tua dan muda. Tentu tidak menarik jika tiba-tiba menempatkan kursi dengan warna biru. Pastinya akan terlihat mencolok dibandingkan dengan warna lain.

  1. Pilih Tenda Pernikahan yang Tidak Mencolok

Untuk poin ini masih berkaitan dengan tema pernikahan. Jadi pastikan untuk memilih tenda pernikahan yang memiliki warna tidak mencolok. Apabila Anda menggunakan konsep warna netral dan pastel. Maka gunakan saja seperti itu. Jangan sampai nantinya background dan tenda pernikahan yang dipasang membuat tampilan menjadi tidak menarik. Cukup banyak pemilik pesta yang asal memilih tenda pernikahan dan berujung dengan ketidaksesuaian ketika di foto. Oleh sebab itulah untuk hal ini harus dipastikan dengan baik terlebih dahulu.

  1. Pertimbangkan Souvenir

Souvenir menjadi kenang-kenangan dari pemilik pesta pernikahan yang diberikan kepada tamu undangan. Jika memang ingin menggunakan souvenir, maka pastikan untuk memilih souvenir yang unik dan berbeda. Tentukan budget souvenir sedari awal dengan baik terlebih dahulu. Jangan sampai nantinya anggaran membeli souvenir meledak karena salah memilih. Untuk jenis souvenir pernikahan ini sendiri pun ada banyak macamnya. Mulai dari gantungan kunci, kipas, biji tanaman, dan masih banyak lainnya.

  1. Merencanakan Jumlah Tamu Undangan

Pun Anda juga harus merencanakan jumlah tamu yang akan diundang ke acara pernikahan. Apakah ingin mengundang tamu 500, 1000, atau puluh ribu tamu undangan. Dalam merencanakan jumlah tamu undangan ini tentunya harus disesuaikan dengan beberapa hal terlebih dahulu. Diantaranya dari segi catering makanan, souvenir, lokasi pernikahan, dan lainnya. Saat menghitung tamu yang akan diundang ini bukan hanya menghitung dari jumlah rekan atau kerabat saja. Tetapi juga dari pihak pasangan pun pastinya juga akan mengundang banyak tamu. Jadi rundingkan dengan pasangan terlebih dahulu sebelum menyebar undangan.

  1. Durasi Pernikahan

Dalam budaya pernikahan Indonesia, durasi pernikahan masih dianggap remeh. Banyak pesta pernikahan yang membuat pesta dari pagi sampai malam. Ini dimaksudkan supaya tamu undangan mempunyai kesempatan lebih besar jika memiliki kesibukan lain. Perlu diketahui bahwa durasi pernikahan yang panjang sebenarnya tidaklah efektif. Sebab akan membuat pengantin kelelahan dan membuat kondisi kesehatan menjadi turun, yang bisa berujung dengan pingsan. Oleh sebab itulah, pastikan bahwa durasi pernikahan yang akan digelar ini tidak terlalu singkat tetapi juga tidak terlalu lama. Jadi tamu undangan tetap memiliki waktu untuk bercakap dengan pengantin.

  1. Menyiapkan Panitia Pelaksanaan Pernikahan

Saat pesta pernikahan berlangsung, pastinya pengantin sudah tidak bisa melakukan koordinir. Oleh sebab itulah pemilik pesta pernikahan membutuhkan panitia atau orang yang memegang kendali pesta pernikahan. Jika pesta pernikahan tersebut sederhana, biasanya akan meminta bantuan kerabat keluarga yang bisa dipercaya. Tetapi jika skala pesta pernikahan besar, biasanya akan menyewa weeding organizer karena mereka sudah ahlinya. Dari segi biaya untuk menyewa jasa weeding organizer tentu tidak akan seberapa dibandingkan dengan persiapan lainnya. Seperti tempat pernikahan, catering, atau dekorasi.

Nah itulah beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum mengadakan acara pesta pernikahan. Dengan membuat rencana ini, maka pesta pernikahan Anda nantinya bisa berlangsung dengan lebih khidmat, lancar dan berkesan. Semua pengantin pastinya ingin acara pernikahan yang diselenggarakan bisa berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *